Minggu, 06 Oktober 2013

Etika Dalam Kehidupan Sehari-hari

Indonesia merupakan sebuah negara yang terdiri dari banyak nya kepulauan, memiliki banyak kekayaan alam yang sangat amat melimpah. Sebuah karunia yang sangat amat luar biasa dari tuhan untuk Indonesia. Indonesia sendiri secara astronomis terletak antara 6° LU – 11° LS dan 95° BT – 141° BT. Sedangkan untuk secara geografisnya Indonesia terletak di antara 2 benua, yaitu Benua Asia dan Australia. Indonesia juga diapit oleh 2 samudera, yaitu Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Itu pula yang menyebabkan Indonesia sangat strategis posisinya. Indonesia hanya memiliki 2 musim dalam setahun, yaitu musim kemarau dan musim hujan. Indonesia memliki banyak adat istiadat, banyak kebudayaan, dan banyak hal yang dimiliki Indonesia tidak dimiliki oleh negara lain di dunia. Salah satunya adalah kebebasan dalam memeluk agama oleh penduduknya. Indonesia menganut paham demokrasi, sehingga itu yang menyebabkan Indonesia memberikan kekuasaan penuh kepada masyarakatnya untuk memeluk agama yang dipercaya oleh dirinya masing-masing. Terdapat 5 agama yang ada di Indonesia, yaitu islam, kristen, katholik, budha dan hindu. Keragaman itu pula yang membuat Indonesia semakin berwarna dengan berbagai perbedaan didalamnya.

Contoh kasus: Karena di Indonesia banyak memiliki keragaman di masyarakat, maka banyak pula konflik yang terjadi di Indonesia. Konflik seperti perdebatan antara suku, agama, ras dan antar golongan. Tapi yang paling sering dan paling banyak itu ya konflik mengenai agama. Karena tiap tiap orang menganggap nya bahwa agama yang dipeluknya merupakan agama yang terbaik diantara semua agama yang ada di Indonesia. Oleh sebab itu banyak konflik yang disebabkan masalah agama.

Analisis: Sebenarnya sih masalah nya bisa diselesaikan dengan cara baik-baik dan dengan cara musyawarah dan mufakat. Tidak seharusnya diselesaikan dengan cara anarkis atau pun dengan cara-cara yang dapat merugikan diri sendiri dan banyak orang. Perbedaan itu wajar, tapi kalau sampai menyebabkan perpecahan atau keributan itu namanya tidak wajar. Etika dalam kehidupan itu sangat diperlukan. Tidak seharusnya juga perbedaan antar kepercayaan yang dianutnya masing-masing menjadi akar masalah dalam sebuah konflik disuatu negara. Adat istiadat di Indonesia tidak mengajarkan demikian, tetapi mengapa ada saja masyarakat yang berperilaku demikian ? Sedari kecil kita sudah diajarkan tentang etika, adat istiadat, rasa hormat atau respect sesama manusia. 

Perbedaan itu wajar adanya, sekarang tergantung dari masing-masing orangnya sendiri. Enggak sewajarnya kita saling ribut untuk memperdebatkan agama siapa yang paling benar, agama siapa yang salah. Justru kalau bisa ya kita saling share aja tentang agamanya masing-masing. Saya sendiri banyak memiliki teman yang dari agama A, B, atau C tapi sampai sekarang semuanya masih berhubungan secara baik tanpa adanya konflik apapun. Karena menurut saya perbedaan itu memberikan warna tersendiri dalam kehidupan kita sehari-hari. Tanpa harus membedakan satu dengan yang lainnya. Tanamkan etika dalam kehidupan sehari-hari. Etika diperlukan untuk mengatur kehidupan kita sehari-hari. 

Sumber: http://ilmupengetahuansosial.wordpress.com/2011/02/09/letakindonesia/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar